Manfaat Ikan Derbang Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Derbang Untuk Kesehatan
======================================





Ikan Derbang ternyata adalah singkatan dari Wader Abang atau Ikan Wader Merah. Ikan ini tergolong jenis ikan air tawar yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan mudah untuk dipancing. Apalagi bila air sungai sedang jernih. Konon cukup dengan secuil rumput teki yang dipasang ke mata kail, maka seorang pemancing pastilah mendapatkan ikan ini.

Ikan Derbang memiliki bentuk tubuh kecil. Ikan ini biasanya dijuluki pula sebagai ikan Lunjar. Namun khusus derbang ini memang memiliki warna tubuh kemerahan. Manfaat Ikan Derbang untuk kesehatan banyak sekali. Seperti yang kami paparkan di bawah ini:





1. Khasiat Ikan Derbang untuk Mengandung Vitamin B12

Salah satu jenis vitamin yang terkandung pada ikan derbang yaitu vitamin B12. Memiliki beberapa manfaat antara lain: untuk membantu proses pembentukan sel darah merah, meregenerasi sel yang rusak, memproduksi asam nukleat, meningkatkan imunitas tubuh, menambah energi dan semangat agar kuat dalam menjalani aktivitas.
2. Antioksidan

Dalam daging ikan derbang memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh, meskipun tidak sebanyak dalam manfaat sayur-sayuran atau buah-buahan. Namun dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.
3. Manfaat Ikan Derbang untuk Mencegah Insomnia

Vitamin B yang terdapat pada daging ikan derbang adalah vitamin B5, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Salah satu manfaatnya yaitu dapat mencegah insomnia. Selain itu juga berkhasiat memperlancar proses metabolisme dari karbohidrat, protein dan lemak. Maka dari itu rutinlah memakan ikan ini.
4. Mencegah Terjadinya Kram

Kram itu datang secara tiba-tiba, jika terkena maka akan susah gerak. Pada umumnya timbul pada kaki, dan tangan. Namun yang paling sakit itu jika menyerang perut, rasanya seperti organ didalamnya seolah-olah berhenti. Untuk itu perlu anda cegah dengan mencoba khasiat dari ikan derbang, karena terkandung vitamin B5 dan B3 yang dapat membantunya.
5. Meningkatkan Stamina Tubuh

Apabila anda merasa lemah, letih dan lesu, cobalah untuk mengonsumsi ikan derbang karena khasiatnya dapat meningkatkan stamina tubuh. Didalamnya terdapat vitamin B12 yang manfaatnya cocok sekali buat solusi itu semua.
6. Mencegah Ganguan Pencernaan

Di dalam ikan derbang memiliki kandungan vitamin B3 yang sifatnya sangatlah penting bagi tubuh. Hal ini dikarenakan dapat bermanfaat mencegah gangguan pencernaan, misalnya susah buang air besar. Gangguan pencernaan amat berbahaya bila dibiarkan terus karena bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan sistemik secara keseluruhan karena orang itu gagal menyerap sari-sari makanan dengan semestinya.
7. Menguatkan dan Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor yang terdapat pada ikan derbang ini sangat berguna bagi tubuh, dapat membantu menguatkan dan menjaga tulang.Selain itu juga supaya mencegah kekeroposan, nyeri pada tulang, serta osteoporosis. Kesehatan tulang yang terjaga akan membuat hidup anda bahagia hingga hari tua. Karena tidak akan terserang pengapuran bahkan kelumpuhan.
8. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Asupan yang ada pada ikan derbang cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan omega 3 yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya dapat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol tinggi, sebab adanya lemak baik yang dapat menyeimbangkan kolesterol tersebut sehingga normal atau turun.
9. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kalium yang terkandung di dalam ikan derbang juga tidak terlalu tinggi. Namun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita, yaitu dapat meningkatkan kemampuan kognitif individu. Maka dari itu rutinlah mengonsumsi ikan ini.
10. Manfaat Ikan Derbang untuk Mencegah Terjadinya Gejala Anemia

Ikan derbang dagingnya mengandung zat besi, gizi dan berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya gejala anemia. Apabila terkena penyakit tersebut maka akan rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi derbang secara rutin dapat mengurangi gejala kurang darah.

Komentar